Memahami Aktivitas Alam Bebas


Perjalanan yang akan dilakukan harus dipersiapkan secara matang. Persiapan ini sangat berguna bagi petualangan karena akan mengurangi resiko yang mungkin timbul dalam perjalanan. Sering kali muncul berita di surat kabar atau media elektronik tentang sekelompok orang yang tersesat di hutan, bahkan seringkali ditemukan meninggal dunia. Salah satu sebabnya adalah persiapan yang kurang.

Dokpri. Lebatnya hutan basah, Pos 2 Gn Slamet

Sangatlah penting untuk mengetahui aktivitas yang akan dilakukan selama berpetualang di alam bebas. Hindari perjalanan yang dilakukan atas dasar “ikut-ikutan” atau rasa solidaritas terhadap teman tanpa mengetahui apa yang akan dilakukan setelah sampai di tempat tujuan. Penentuan aktivitas yang akan dilakukan dapat mempermudah mempersiapkan aktivitas tersebut dan mengurangi resiko.

Bentuk resiko yang mungkin timbul banyak ragamnya, seperti cuaca ekstrim, medan sulit, sumber air kurang, bahkan kurangnya informasi tentang daerah yang dituju sehingga menyulitkan perjalanan yang akan dilakukan. Kondisi ini dapat diantisipasi dengan cara mempersiapkan fisik, mental, skill dan informasi dari orang yang telah melakukan perjalanan di daerah yang sama.

Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko, salah satunya mengetahui kemampuan diri sendiri. Keberadaan diri dalam suatu kelompok petualangan harus diketahui, apa termasuk amatir, sedang atau mahir. Pengelompokan ini bisa berguna untuk menempatkan posisi diri pada kelompok tersebut. Jika merasa masih amatir, usahakan tidak membuat suatu keputusan yang dapat merugikan kelompok. Tidak memaksa kehendak, mengetahui kondisi tubuh dan menyadari tingkat kemampuan diri atas aktivitas yang akan dilakukan.

Faktor mental dan kepercayaan diri juga sangat berpengaruh dalam kondisi fisik dan kejernihan berfikir. Kemampuan diri dapat dilatih dengan seringnya melakukan perjalanan, mempelajari teknik hidup di alam bebas, ataupun membaca pengalaman orang lain. Peralatan atau perbekalan yang dibawa tidak perlu bagus dan mahal, yang penting berguna dan mempunyai fungsi yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s