Poin Penting Manajemen Perjalanan


Tujuan perencanaan aktivitas, yaitu mempermudah dan mengorganisir aktivitas yang mungkin dilakukan dengan mengeliminasi kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Poin penting manjemen perjalanan antara lain harus dapat menjawab pertanyaan dari who, what, whym when, where, serta how.

Poin penting dalam manajemen persiapan perjalanan

Poin penting dalam manajemen persiapan perjalanan

Who, Dengan siapa kita pergi, siapa yang menjadi leader dalam perjalanan, dan siapa yang berpengalaman dalam aktifitas yang akan dilakukan. Semua ini menandakan bahwa aktifitas di alam bebas sebaiknya diikuti lebih dari satu orang. Dalam hal ini, perjalanan yang dilakukan dalam suatu kelompok akan membawa banyak manfaat. Saling bekerjasama, saling berbagi dan saling melindungi akan mempermudah survive di alam bebas. Pemilihan leader yang didasarkan pada ketrampilan, kemampuan dan pengalaman merupakan pertimbangan yang bijaksana dalam membentuk suatu kelompok.

What, apa tujuan aktifitas yang akan dilakukan, apa hambatan yang mungkin dihadapi selama ikut dalam aktifitas itu, apa yang akan dilakukan selama di alam bebas, dan perlengkapan apa saja yang akan dibawa.

Why, mengapa kita harus ikut dan mengapa kita memilih aktifitas tersebut merupakan pertanyaan yang paling mendasar dibanding pertanyaan yang lain. Ingatlah tujuan kegunaan dari aktifitas tersebut, apakah lebih banyak manfaatnya atau hanya sekedar buang energi.

When, kapan perjalanan akan dilakukan, berapa lama, apakah akan dilakukan siang atau malam, pada musim apa perjalanan akan dilakukan. Hal-hal tersebut harus dipertimbangkan agar perjalanan yang dilakukan tidak mengganggu rutinitas, tidak terjebak kemacetan lalu lintas serta perlengkapan dapat dipersiapkan dengan tepat sesuai dengan musim (kemarau atau penghujan).

Where, tempat apa yang akan dituju untuk melakukan aktifitas di alam bebas. Tingkat kesiapan petualang maupun perlengkapan yang dibawa ditentukan pula oleh tempat yang akan dituju. Persiapan yang akan dilakukan untuk perjalanan ke hutan belantara Kalimanta tentu beda dengan persiapan arung jeram di sungai Serayu. Lengkapnya, informasi mengenai daerah yang dituju baik dari buku, pengalaman dari orang lain, ataupun dari penduduk lokal akan sangat membantu dan mempermudah perjalanan.

How, bagaimana mencapai daerah tujuan, bagaimana peralatan yang digunakan (khususnya peralatan teknis), bagaimana jika bahaya yang tidak terduga muncul, dan sebagainya. Pada umumnya, how merupakan tindakan preventif yang harus dilakukan agar aktifitas di alam bebas tetap berjalan sesuai dengan harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s