Kualitas Nutrisi Roti Gandum Dibanding Roti Tawar Biasa


Benarkah roti gandum lebih sehat dari roti tawar putih? Jika dinilai dari jumlah kalori, keduanya memiliki 70 kalori dalam setiap lembarnya. Namun, perbedaannya terletak pada jenis kalori yang Anda dapatkan.

Roti gandum atau whole wheat bread memiliki lebih banyak nutrisi penting. Sedangkan roti tawar biasa mendapat tambahan vitamin buatan dalam proses pengolahannya. Padahal, nutrisi terbaik diberikan oleh gandum asli, bukan karena tambahan vitamin buatan. Inilah kandungan nutrisi dalam selembar roti gandum.

1. Serat

Tidak seperti roti tawar putih, pembuatan roti gandum masih menyisakan kulit yang membuatnya tinggi kandungan serat. Setiap lembar roti gandum mengandung 2 gram serat, sedangkan roti tawar putih hanya mengandung 0,5 gram serat. Serat berguna untuk memberi rasa kenyang lebih lama, menurunkan kolesterol jahat, dan bisa meningkatkan kesehatan jantung.

2. Protein

Satu lembar roti gandum mengandung sekitar 5 gram protein. Nilai ini bervariasi, sesuai dengan jenis roti gandum. Semakin “keras” roti gandum, nilai proteinnya pun semakin banyak. Sedangkan roti tawar putih hanya mengandung 2 gram protein. Jumlah protein dalam roti gandum bisa memenuhi jumlah harian protein yang direkomendasikan, tanpa menambahkan lemak jenuh. Protein dalam roti gandum berasal dari gluten gandum.

3. Karbohidrat

Jumlah karbohidrat dalam roti gandum bisa memberi energi. Satu lembar roti gandum mengandung sekitar 30 gram karbohidrat. Kandungan karbohidrat pada roti gandum memiliki nilai indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan meningkatkan gula darah seperti pada karbohidrat sederhana dalam roti tawar putih.

4. Bibit gandum

Kandungan bibit gandum (wheat germ) pada roti gandum memiliki banyak nutrisi, seperti vitamin E dan asam folat. Vitamin E bisa menjaga kesehatan kulit dan rambut. Bibit gandum juga mengandung omega 3 asam lemak esensial yang bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Omega 3 juga bagus untuk perkembangan otak.

sumber: http://food.detik.com/read/2013/05/11/132343/2243201/900/nutrisi-roti-gandum-lebih-unggul-dari-roti-tawar-biasa#bigpic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s