Manajemen Perjalanan – Part 2


PERALATAN
Ketika anda sudah memutuskan kegiatan-kegiatan apa saja dan lokasi perjalanan anda, anda harus mencatat peralatan apa saja yang dibutuhkan. Setiap perjalanan dan setiap orang mungkin membutuhkan peralatan yang khusus.

MAKANAN
Sangat penting untuk memilih makanan yang bergizi dan mudah dicerna. Dalam perjalanan-perjalanan yang panjang, dengan kegiatan-kegiatan spesifik, atau dalam iklim yang berbeda (misalnya, perjalanan di musim dingin), sangat diperlukan merancang menu yang dapat menyuplai berapa kalori setiap hari secara spesifik dan mengutamakan jenis makanan seperti ini. Dalam sebuah perjalanan, sangat penting untuk memperhatikan kebutuhan khusus setiap peserta (alergi makanan, vegetarian, kehalalannya) dan menyusun menu sesuai dengan kebutuhan tersebut.

BIAYA-BIAYA
Sebelum pergi dalam perjalanan kelompok, bicarakan dahulu bagaimana pengaturan biayanya. Ini termasuk makanan, bahan bakar, pengeluaran dalam perjalanan, dan pengadaan obat-obatan. Anda akan terkejut bagaimana sebuah pertemanan akan merenggang karena masalah biaya ini tidak dibicarakan terlebih dahulu.

PENGEMBANGAN KEAHLIAN
Tergantung dengan jenis kelompok dimana anda melakukan perjalanan, setiap orang mempunyai tingkatan pengalaman yang berbeda-beda. Ada keahlian khusus yang dibutuhkan sebelum perjalanan, seperti bagaimana cara “packing” yang benar, ada keahlian yang dibutuhkan selama perjalanan, seperti bagaimana mendirikan tenda, bagaimana menggunakan kompor lapangan. Ada banyak keahlian yang saya gunakan dalam perjalanan yang sulit saya ingat, beberapa saya lakukan secara otomatis. Bersabara dalam membuat daftar keahlian ini, supaya tidak ada yang terlupakan. Jika anda pemimpin perjalanan, atau anda hanya pergi dengan teman yang kurang pengalaman, rencanakan waktu untuk mengatasi hal-hal penting tersebut sebelumnya dan dalam masa perjalanan.
Untuk perjalanan dengan tingkat yang lebih sulit, anda perlu melakukan lebih banyak penilaian keahlian. Sebagai contoh, apabila anda akan melakukan perjalanan melalui lapisan es, apakah setiap orang mempunyai pengalaman berjalan diatas salju, menggunakan kapak es, dan mengunakan tali temali? Apakah setiap orang harus mengetahui teknik-teknik khusus seperti menyelamatkan diri sendiri atau penyelamatan jurang es? Kadang penilaian ini bisa dilakukan dengan mengamati pengalaman seseorang dalam perjalanan sebelumnya, atau anda bisa membawa kelompok anda dalam perjalanan latihan untuk mengamati dan menguji keahlian-keahlian khusus tersebut.

DAFTAR PERSIAPAN PERJALANAN
Gunakan daftar ini untuk mengatur semua tugas yang harus dikerjakan sebelum, selama dan sesudah perjalanan. Jika anda berencana pergi dalam ekspedisi yang panjang, perpanjang daftarnya dan siapkan jangka waktu yang spesifik untuk setiap tugas tersebut. Sebagai contoh, perjalanan ke tempat terpencil bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan tahunan untuk mendapatkan perizinannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s