The Walking Dead Season 4 Episode 2: “Infected”


AMC The Walking Dead, Season 4, episode 2, ‘Infected’: Review

Karakter misterius dan wabah penyakit dalam The Walking Dead season 4, membuat kondisi dalam penjara semakin memanas.
Adegan terbaik sepanjang episode 2 The Walking Dead, bukanlah serangan walker, aksi tembak menembak, ceceran darah ataupun dialog-dialog penting dalam episode tersebut.

Michonne (Danai Gurira) pada Season 4 episode 2 The Walking Dead.”
Michonne (Danai Gurira) pada Season 4 episode 2 The Walking Dead.”

Sementara itu, kisah penyakit yang mengakibatkan kematian penghuni penjara dan beberapa kekacauan yang terjadi di Blok D nampaknya tidak menyurutkan perhatian kami tentang masa lalu seorang mantan pekerja lembaga Permasyarakatan Georgia bagian barat, sisi lembut mengingatkan tentang masa lalunya, Michonne (Danai Gurira, – The Walking Dead).

Episode The Walking Dead kali ini benar-benar bercerita tentang kisah yang mendalam antara karakter yang terlibat di dalamnya. Sajian konflik yang menggambarkan keadaan dimana sekumpulan manusia yang sedang berjuang mempertahankan hidup dari serangan walker.

Inti cerita tidak hanya berfokus pada terinfeksinya beberapa penghuni, bukan hanya tentang hidup dan mati. Namun ada beberapa konflik mendalam yang terjadi dalam episode The Walking Dead kali ini. Antara lain perjuangan antara hidup dan mati, kisah ayah dan kedua putrinya, antara dua insan pecinta, kesedihan seorang ibu yang merindukan anaknya dan tentu saja, peternak dengan babi-babinya.

Beberapa adegan dalam serial The Walking Dead kali ini menjelaskan, mengapa Rick Grimes benar-benar menyerahkan kepemimpinan pada kelompok. Namun sepertinya ada seseorang yang merencanakan hal buruk pada kelompok ini, seperti memancing walker dengan memberi umpan tikus, atau bahkan bisa jadi menularkan penyakit pada penghuni di area sel Blok D agar terjadi kekacauan.

Malam itu diawali ketika Patrick, anak kutu buku dengan kaca mata hitamnya yang terjangit flu kemudian meninggal dan menjadi walkerThe Walking Dead 4.1. Setelah dari kamar mandi, ia menuju sel blok D, tempat yang menyita perhatian walker akibat dengkuran penghuni sel. Semalaman Patrick menyantap seorang penghuni sel, baru keesokan paginya 2 walker ini memberikan kejutan pada penghuni sel blok D yang lain. Walaupun pada akhirnya Rick bersama penghuni lainya berhasil meredam suasana.

Wabah penyakit flu bukanlah satu-satunya ancaman dalam penjara. Pada awal The Walking Dead 4.2 terdapat adegan seseorang didalam kegelapan dipinggir pagar kawat memberikan umpan berupa tikus hidup kepada beberapa kawanan walker. Sepertinya untuk memancing kawanan walker lain mendekat. Kemudian pada akhir episode, orang ini juga diduga membakar Karen dan David yang sedang dikarantina karena diduga mengidap flu.

Judith dalam pelukan Michonne - The Walking Dead 4.2
Judith dalam pelukan Michonne – The Walking Dead 4.2

Sebelumnya masih di The Walking Dead, ketika pagi dalam penjara, sementara si walker Patrick menyantap mangsa pertamanya di blok D, Rick sedang bersama Carl. Mereka berada di luar area penjara, sedang asik ngobrol dan memberi makan babi-babinya. Carl memberikan isyarat bahwa mereka berdua dapat berpartisipasi membantu yang lain dalam proses pembersihan walker, karena sudah terlalu banyak walker di pinggir pagar pembatas penjara. Namun Rick membantah, ia berkata bahwa mereka mempunyai rencana* yang lain.  Kemudian Carl bertanya “kapan aku memdapatkan kembali senjataku?”

Jika anda bertanya-tanya mengapa dari awal season ke 4 The Walking Dead ini, Rick benar-benar menyerahkan semuanya kemudian ia cenderung fokus pada hewan ternak dan tanaman sayurannya, maka sekarang anda tahu. Ini bukan tentang dirinya sendiri, melainkan ia ingin berusaha menyelamatkan anaknya dari kehilangan sisi kemanusiaan.

Ketika Rick dan Carl sedang fokus pada kesibukannya tentang babi dan sayuran, dan Michonne mulai pergi dari gerbang menunggang kudanya, beberapa saat kemudian, mereka mendengar suara tembakan yang datang dari dalam. Patrick dan korban pertamanya yang telah menjadi walker keluar dari salah satu sel blok D.

Glenn, Daryl, Rick, dan Carol berlari memberikan bantuan. Ryan yang pada The Walking Dead season lalu sempat dapat bertahan, didampingi Carol, ia mendapat gigitan di sekitar tangan, kemudian Carol bersiap memotong tangannya. Namun ia sadar bahwa Ryan tak dapat diselamatkan, karena tergigit di leher bagian belakang.

Dalam episode The Walking Dead kali ini terdapat adegan yang bercerita kedalaman emosi antara Ryan dan kedua putrinya, Lizzy dan Mika. Carol membawa anak perempuannya untuk mengucapkan selamat tinggal pada Ryan, setelah ia diminta berjanji untuk menjaga kedua anaknya seolah-olah mereka adalah anaknya sendiri. Lizzy, anak tertua Ryan mengatakan ingin menjadi orang yang mengakhiri hidup ayahnya sebelum ia berubah. Namun ia tak dapat melakukannya. Akhirnya, Carol lah yang mengakhiri hidup ayah mereka.

Di lantai atas,  Rick, Daryl, Hershel, Bob, dan Dr. S (Subramanian) sedang mengamati satu mayat. Mayat yang telah menjadi walker ini tidak terdapat gigitan atau cakaran, namun mereka mengalami pendarahan pada mata, telinga dan mulut – seperti yang terjadi pada walker di luar pagar penjara di episode The Walking Dead minggu lalu.

Dr. S menduga bahwa penyebab kematian beberapa penghuni blok D adalah serangan flu, dimana terjadi tekanan yang terjadi didalam tubuh korban. Seperti kejadian pada kaleng soda ketika dibuka tutupnya. Pada akhirnya mereka memutuskan bahwa akan mengkarantina korban yang diduga terkena flu.

Michonne terluka. Setelah kembali ke arah penjara, karena Carl terlalu lambat menutup gerbang, akibatnya beberapa walker masuk dan menyerang Michonne saat ia turun. Ia terkilir pergelangan kakinya. Namun dapat diselamatkan oleh Carl dan Maggie.

Sementara yang lain berurusan dengan wabah flu dan serang walker, di The Walking Dead pada adegan yang lain, Michonne berada di blok C dengan Beth yang sedang merawat Judith. Beth bertanya tentang beberapa orang yang meninggal di blok D, jika ada anak kecil yang meninggal, ia tak akan perduli tentang namanya.

Beth sedang berusaha menidurkan Judith dengan bernyanyi lagu lama Ramones. Tak sengaja Judith muntah dan mengotori baju Beth, kemudian Beth meminta tolong Michonne untuk menggendong Judith sementara Beth mengganti pakaiannya – namun Michonne seakan-akan takut dan akhirnya setelah dipaksa, ia mau menggendong Judith. Dia mengangkat Judith tinggi-tinggi, ragu dan ia merasa sangat ketakutan.

Kemudian ia mulai menangis. Ia menatap mata sang bayi, bibirnya bergetar, matanya berkaca-kaca. Ia dengan perlahan memeluk si bayi, memandang mukanya kemudian Michonne menangis. Danai Gurira, yang memerankan Michonne, pantas mendapat pujian, ia begitu sukses menggambarkan kesedihan Michonne. Sekarang kita mengerti, Michonne, karakter samurai dalam The Walking Dead, merupakan ibu yang kehilangan anaknya.

Tyreese meratapi mayat kekasihnya yang terbakar - The Walking Dead
Tyreese meratapi mayat kekasihnya yang terbakar – The Walking Dead

Sementara itu, walker terus berdesakan untuk menembus pagar.  Rick, Carl, Sasha dan Daryl tidak bisa menghabisi mereka. Akhirnya Rick mendapatkan Ide, dengan sigap Rick bersama Daryl membawa truk keluar pagar penjara. Mereka memancing walker dengan mengumpankan babi-babinya. Ia melakukan  hingga walker tersebut pergi jauh dari pagar penjara. Itulah akhir dari cerita Rick The farmer. Kemudian, ia membongkar kandang babinya dan membakarnya. Ia menyerahkan kembali senjata Carl, kemudian memasang kembali sabuk Colt Pythonnya. Rick sudah kembali.

Namun ini bukan akhir dari cerita The Walking Dead. Kekasih Tyreese, Karen, Ia terdeteksi mengalami flu. Ia dikarantina bersama penghuni lainnya, David di blok A. Tyreese mencoba mengunjungi Karen dengan membawa bunga. Namun ia tak dapat menemukan tubuhnya di dalam sel. yang ada hanya jejak darah yang tercecer di sekitar sel, sampai ke luar halaman.

Sampai di luar halaman, ia mendapati dua tubuh terkapar, hangus terbakar sampai mati. Tatapan Tyreese ngeri, terlihat asap dan derakan daging terbakar.

Di The Walking Dead, Zombie tak membunuh seperti itu..
Lalu siapakah yang melakukannya?
Tunggu jawabannya di episode The Walking Dead selanjutnya.

4 thoughts on “The Walking Dead Season 4 Episode 2: “Infected”

  1. Ping-balik: The Walking Dead Season 4 Episode 3: “Isolation” | myBlog

  2. Ping-balik: The Walking Dead Season 4 Episode 4: “Indifferent” | myBlog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s