Trail Running / Mountain Running


Trail Running / mountain running adalah olahraga yang terdiri dari Running dan hiking, Ini berbeda dari Running di jalan dan hiking biasa , trail running biasanya dilakukan di daerah pegunungan, di mana anda bisa menemukan turunan dan tanjakan yg lebih extrim.serta jalanan setapak yg bervariasi antara tanah,rumput kerikil ,batu dll

Di Indonesia kegiatan trail / mountain running yang merupakan pengembangan dari semacam ultralight backpacking belum begitu popular beda dg di Negara barat or Negara tetangga yg sudah sangat popular bahkan ada lomba khusus yg diadakan secara berkala

Peralatan utama yang dipergunakan dalam trail runing

  • Sepatu
    Trail running biasanya banyak menggunakan sepatu yg dirancang khusus dan memiliki sol agresif menonjol yang umumnya lebih kaku dari sepatu running biasa. Sepatu ini memiliki midsole senyawa EVA yg biasanya sering mengandung, nilon plastik lapisan ringan fleksibel untuk melindungi kaki dari luka tusukan dari batuan tajam atau benda lainnya. Karena trail running berlangsung pada permukaan yg bervariasi dibandingkan dg di jalan biasa, bantalan tidak begitu penting sehingga sering sepatu kurang ’empuk’ daripada rekan-rekan mereka yang dirancang untuk aspal. Selain itu, sepatu trail raunning lebih rendah yang membuat stabilitas terbaik di medan tidak rata.

  • Baju & celana
    Pilihlah kaos yg quick dry baik lengan pendek or panjang begitupun untuk celana carilah yg quick dry

  • Ransel
    Pilih yg cukup kecil tapi bisa untuk menyimpan air minum, makanan ringan, obat2an, dll

  • assesoris
    – Bandana or topi
    – Kaca mata
    – Dll

Tempat / lokasi
Untuk tahap awal carilah lokasi yg mudah dijangkau dan tidak terlalu extrim contoh:
– g.papandayan
– ranu pane – ranu kumbolo atau lanjut ke kali mati
– Cibodas – air terjun cibeurem
– dll disesuaikan dg kemampuan

Jalur Treking Cibodas

Bila sudah terbiasa bisa dilanjut dg trail/mountain running yg lebih berat misal :
– lintas putri – gede – cibodas
– ranu pane – ranu kumbolo – kali mati – puncak semeru pp
– dll disesuaikan dg kemampuan

Nb: safety fist jadi pikirkan baik2 sebelum melakukan trail/mountain running ini ( resiko di tanggung masing2)

create by.

3 thoughts on “Trail Running / Mountain Running

  1. Ping-balik: 7 Tips Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Menggunakan Kompas | myBlog

  2. Ping-balik: Ketika Tersesat di alam bebas Terapkanlah STOP | myBlog

  3. Ping-balik: TEKNIK MENCARI PENDAKI YANG TERSESAT BERJALAN KEARAH BLANK 75 | myBlog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s