Blank 75 – Semeru


semerudBlank 75 adalah istilah yang sering digunakan oleh personal SAR yang sering beroperasi di Semeru untuk menunjukkan suatu lokasi di gugusan lereng Semeru untuk mencari ataupun mengevakuasi korban pendaki yang hilang ataupun tersesat selama pendakian ke Semeru.

Dapat dikatakan kawasan Blank 75 adalah “DEATH ZONE”-nya jalur pendakian Semeru. Gambaran medannya adalah lereng berpasir yang jalurnya putus (blank) karena dipisahkan oleh jurang yang dalamnya sekitar 275-100m. Oleh karena itu disebut Blank 75 dan lokasinya yaitu jika kita turun dari puncak Semeru, maka Blank 75 letaknya berada diluar jalur di sebelah kanan arcopodo/kelik (dari arah puncak). Di sekitar batas vegetasi. Dan secara administrative TNBTS terletak di blok Pawon Songo, dusun Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. Dimana jalur tersebut dapat menyebabkan pendaki tersesat, mengalami kecelakaan, terperosok ke jurang, tanah yang diinjaknya longsor, dis-orientasi tanpa tahu arah mana terbaik untuk ditempuh, kehabisan air, kehabisan bekal atau kepayahan dsb.

Sebetulnya ada jalur lain yang juga berbahaya yaitu jalur pendakian dari arah Selatan Semeru. Dimana jalur tersebut merupakan jalur aliran lahar dan lahar dingin Semeru. Namun karena Jalur Selatan sangat jarang didaki maka fokus sebutan berbahaya dipakai pada area Blank 75.

Berikut ini adalah sedikit informasi tentang Blank 75..
  1. Blank 75 sebenarnya tidak menunjukkan pada 1 titik koordinat tertentu, melainkan istilah Blank 75 itu dipakai untuk menyebut suatu area berbahaya yang cukup luas atau panjang, yang memiliki jurang-jurang dengan berbagai kontur / ketinggian yang semuanya berbahaya. Bagian jurang atau tebing, ketinggiannya mencapai sekitar 75 meter sehingga muncul istilah Blank 75. Bukan hanya dititik itu saja melainkan di titik-titik lain sekitar Blank 75.
  2. Blank 75 sebenarnya bukan jalur pendakian melainkan jalur aliran lahar.
  3. Blank 75 itu areanya berada pada jalur antara Arcopodo atau Cemoro Tunggal kearah Desa Pasrujambe, Kabupaten Lumajang.
  4. Cemoro Tunggal lokasinya disekitar koordinat 49L 711603 mE 9104263 mS
  5. Desa Pasrujambe lokasinya disekitar koordinat 49L 720174 mE 9105136 mS

4 thoughts on “Blank 75 – Semeru

  1. Ping-balik: CARA YANG AMAN MENURUNI GUNUNG SEMERU | myBlog

  2. Ping-balik: TEKNIK MENCARI PENDAKI YANG TERSESAT BERJALAN KEARAH BLANK 75 | myBlog

  3. Ping-balik: Ketika Tersesat di alam bebas Terapkanlah STOP | myBlog

  4. Ping-balik: Tips Dalam Memilih Ransel, Carrier, Backpack | myBlog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s